Langsung ke konten utama

Tugas Terstruktur 2


Jelaskan bagaimana teori dual coding dapat diadaptasikan dalam menyiapkan suatu multimedia pembelajaran matematika !

Jawaban:
Teori dual coding merupakan salah satu teori yang berakar pada psikologi kognitif yang dijadikan landasan dalam merancang multimedia pembelajaran.
Allan Paivio (Paivio, 1971, 2006) merupakan pencetus teori dual coding, yang menyatakan bahwa informasi yang diterima seseorang diproses melalui salah satu dari dua channel, yaitu channel verbal berupa kata (lisan), dan channel visual (nonverbal image) seperti diagram, gambar, dan animasi.
Kedua channel ini dapat berfungsi baik secara independen, secara paralel, atau juga secara terpadu bersamaan (Sadoski, Paivio, Goetz, 1991). Kedua channel informasi tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Channel verbal memroses informasi secara berurutan sedangkan channel nonverbal memroses informasi secara bersamaan (sinkron) atau paralel.

Teori dual coding mengidentifikasi tiga cara pemrosesan informasi, yaitu:
(a)      Pengaktifan langsung representasi verbal atau piktorial,
(b)      Pengaktifan representasi verbal oleh piktorial atau sebaliknya, dan
(c)      Pengaktifan secara bersama-sama representasi verbal dan piktorial.

Teori dual coding ini jika dikaitkan dengan bagaimana seseorang memroses suatu informasi baru, dapat dinyatakan bahwa teori ini mendukung pendapat yang menyatakan seseorang belajar dengan cara menghubungkan pengetahuan yang baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya (prior knowledge). Theory dual coding juga menyiratkan bahwa seseorang akan belajar lebih baik ketika media belajar yang digunakan merupakan perpaduan yang tepat dari chanel verbal dan non verbal (najar,1995).

Contoh multimedia yang  mengadaptasi teori dual coding adalah power point yang menyajikan gambar diagram disertai narasi dari guru.


Selain itu penyampaian materi bangun ruang untuk menemukan rumus volumenya dengan multimedia flash yang disertai narasi juga mengadopsi teori dual coding.


Contoh terakhir adalah sebuah gambar yang menerapkan konsep aljabar, dimana sambil memperlihatkan gambar guru menjelaskan maksud dan pertanyaan pada gambar tersebut.




Komentar

  1. Apakah syarat mutlak sebuah multimedia interaktif harus menggunakan kedua channel pemrosesan informasi verbal dan nonverbal? atau cukup salah satunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merujuk pada pendapat Rusman (2013), multimedia merupakan gabungan beberapa media yang berbeda yang dapat digunakan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek : suara, video, animasi, text, dan grafik.
      Berdasarkan hal tersebut, maka menurut saya sebuah multimedia interaktif haruslah menggunakan kedua channel pemrosesan informasi verbal dan nonverbal. Jadi tidak cukup hanya salah satu channel saja yang kita gunakan.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. lalu bagaimana ketika seorang guru membuat sebuah multimedia pembelajaran yang dikhususkan untuk siswa tuna rungu, dimana multimedia tersebut mengkombinasikan unsur animasi dan gambar. Bukankah pada saat itu hanya channel visual siswa saja yang bekerja ?

      Hapus
    4. Dalam artikel ini yang dibicarakan adalah siswa yang normal. Jadi jika siswa yang di ajarkan merupakan siswa tuna rungu, tentu saja channel verbal tidak akan bekerja, maka guru harus mengkombinasikan unsur-unsur yang berhubungan dengan chanel visual atau non verbal, dalam hal ini bisa diagram, gambar, animasi, kinestetik, ataupun perasaan.

      Hapus
  2. Menurut saya, dalam pembelajaran matematika, teori dual coding ini sangat perlu untuk diterapkan. Misalnya, dalam menyiapkan multimedia pembelajaran matematika, seorang pendidik perlu sebuah multimedia yang memadukan kedua channel, yaitu channel verbal dan nonverbal. Perpaduan antara teks, suara, gambar, grafik, diagram, dan animasi akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerima informasi. Aplikasi yang dapat digunakan untuk multimedia pembelajaran matematika, misalnya macromedia flash, powtoon, powerpoin, iMindMap, dan lain-lain.

    BalasHapus
  3. Saya dangat suka dengan contoh yang anda berikan,Penuh dengan warna sehingga menarik perhatian saya untuk melihat materi yang anda berikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kak Junaini atas tanggapannya :)

      Seperti yang telah kita ketahui, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menstimulus (merangsang) fikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan pembelajar sehingga mendorong terjadinya kegiatan belajar.
      Nah, variasi warna yang digunakan merupakan salah satu upaya untuk menstimulus (merangsang) fikiran, perasaan dan perhatian dari siswa.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Dasar Multimedia Pembelajaran

Menurut D eni H ardianto dalam jurnalnya yang berjudul Penerapan Prinsip Desain Multimedia untuk P embelajaran , u ntuk memperoleh multimedia yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dan memiliki kualitas tampilan yang baik maka desain pesan multimedia perlu dipadukan dengan prinsip-prinsip desain multimedia. Lebih lanjut Richard E. Mayer (2009) menyebutkan tujuh prinsip desain multimedia untuk dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan belajar siswa seperti kemampuan berpikir kritis dan kreatif . Prinsip-prinsip tersebut telah dibuktikan melalui penelitian oleh Richard E Mayer dengan menggunakan tes retensi (mengingat) dan tes transfer (memahami). 1.      Prinsip M ultimedia Siswa dapat belajar lebih baik jika teks disertai gambar daripada hanya sekedar kata-kata (teks) saja. Saat kata-kata dan gambar-gambar disajikan secara bersamaan, murid punya kesempatan untuk mengkonstruksi model-model mental verbal dan visual dan membangun hubungan antara present...

Tugas Terstruktur 1

Menurut cognitive theory of multimedia learning bahwa ada tiga asumsi utama yang dijadikan acuan dalam merancang suatu multimedia pembelajaran. Jelaskan ketiga asumsi tersebut dengan memberikan contoh masing-masing media yang relevan untuk pembelajaran matematika ! Jawaban: Cognitive Theory of Multimedia Learning (CTML) adalah teori pembelajaran yang dipopulerkan oleh Richard R. Mayer yang digunakan sebagai representasi mental dari gambar dan kata-kata . Dalam teori ini ada 3 asumsi utama yang dijadikan acuan dalam merancang suatu multimedia pembelajaran, yaitu: 1.         Asumsi Saluran Ganda (Dual Channel Assumption) Mayer beranggapan bahwa manusia memiliki saluran terpisah untuk memproses informasi visual (penglihatan) dan informasi auditori (pendengaran). Contoh multimedia yang relevan terhadap asumsi ini adalah multimedia video pembelajaran misalnya pada materi bangun ruang. Ketika animasi bangun ruang ditampilkan, ada narasi ten...