Pada postingan sebelumnya, saya telah memberikan contoh multimedia linear dalam bentuk video. Nah, kali ini saya akan membagikan salah satu contoh dari multimedia interaktif berbasis MS. Power Point dalam pembelajaran matematika ”Persamaan Linear Satu Variabel” untuk jenjang SMP.
<iframe src="https://docs.google.com/viewer?srcid=(0B6Q54cWYuBNSV0c3Wm1GY19WY00)&pid=explorer&chrome=false&embedded=true" width="500" height="500"></iframe>
<iframe src="https://docs.google.com/viewer?srcid=(0B6Q54cWYuBNSV0c3Wm1GY19WY00)&pid=explorer&chrome=false&embedded=true" width="500" height="500"></iframe>
Berdasarkan prinsip dasar multimedia, orang belajar lebih baik dari gambar dan kata dari pada sekedar kata-kata saja. Karena dinamakan multimedia berarti wajib mampu mengkombinasikan berbagai media (teks, gambar, grafik, audio/narasi, video, animasi, simulasi, dll) menjadi satu kesatuan yang harmonis. Menurut saya, multimedia interaktif ini sangat menarik, karena membuat proses pembelajaran lebih bermakna.
BalasHapusTerlebih lagi materi persamaan linier satu variabel ini merupakan materi yang sulit dipahami oleh siswa, dikarenakan menggunakan variabel-variabel yang abstrak dalam pemikiran siswa. Menggunakan "magnet and hole" dalam media pembelajaran yang anda buat ini, sangat membantu sekali untuk membantu siswa memahami "konsep" persamaan linier satu variabel.
Terimakasih saudari Debby atas tanggapannya :).
HapusPenggunaan "magnet and hole" dalam multimedia ini, merupakan jawaban dari permasalahan siswa dalam PLSV yang dikemukakan oleh Jupri, Drijvers & Van den Heuvel pada penelitiannya, dimana siswa kesulitan untuk memahami urutan ekspresi aljabar yang harus di proses pada saat meyelesaikan PLSV.
Dengan multimedia ini, diharapkan siswa mampu memvisualisasikan konsep abstrak dari matematika menjadi lebih konkret.
multimedianya sangat baik, terdapat animasi-animasi yang membuat lebih cepat paham
BalasHapusTerimakasih saudara Rio atas komentarnya :)
HapusMultimedia yang kami buat salah satunya memperhatikan prinsip koherensi, dimana siswa dapat belajar lebih baik saat kata-kata, gambar, suara, video atau animasi tambahan yang tidak relevan tidak dimasukkan.
Sehingga kami hanya menambahkan animasi-animasi yang relevan dengan materi dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, serta memancing siswa untuk berpikir kritis.
multimedia interaktif yang anda gunakan sudah cukup menarik, selain itu juga sudah mengandung beberapa prinsip dalam multimedia.
BalasHapusnamun ada sedikit saran dari saya,
1. untuk tampilan animasi, akan lebih baik lagi jika menggunakan animasi yang berhubungan dengan materi yang disampaikan, sehingga animasi yang sama sekali tidak ada hubungannya tidak mengganggu fokus perhatian siswa.
2. usahakan kalimat yang disampaikan mudah dimengerti siswa agar informasi yang ingin disampikan dapat tersampaikan dengan baik
3. untuk multimedia interaktif, seharusnya yang mengendalikan penggunaannya adalah siswa sehingga memimbulkan interaksi langsung oleh siswa seperti menggunakan salah satu multimedia interaktif yaitu makromedia flash.
makromedia flash merupakan salah satu multimedia interaktif karena pada makromedia flash siswa bisa mencoba langsung dan membuktikannya sendiri serta mendapatkan penjelasan.
karena siswa akan lebih mudah mengingat sesuatu bila mereka langsung berpartisipasi dalam pengerjaannya
Terimakasih atas sarannya,
HapusMultimedia yang kami buat memang belumlah sempurna. Salah satunya adalah tidak adanya kuis yang dapat melatih siswa menyelesaikan PLSV.
Dalam multimedia ini, prinsip yang diterapkan adalah prinsip multimedia, prinsip kesinambungan spasial, prinsip koherensi dan prinsip perbedaan individu
Video yang disajikan sangat baik.
BalasHapusSaya ingin menambahkan untuk pembuatan media interaktif perlu diperhatikan karakteristiknya:
Karakteristik penting dari media ini adalah siswa disamping memperhatikan penyajian atau obyek, tetapi dipaksa untuk berinteraksi selama mengikuti pelajaran.
Paling sedikit ada tiga macam reaksi yang dapat diidentifikasi ;
1. siswa berinteraksi dengan sebuah program, contoh mengisi tes
2. siswa berinterkasi dengan mesin, contoh terminal komputer
3. media interaktif, mengatur interaksi antar siswa secara teratur tetapi tidak terpogram
Karakteristik atau ciri-ciri baik umum maupun khusus sebuah multimedia interaktif akan membedakan media itu apakah layak disebut media interaktif atau hanya sekedar media presentasi saja.