Langsung ke konten utama

Teknologi Pengontrol agar Multimedia (Gadget) Selalu Bernilai Positif



Di era modern saat ini, kata teknologi bukanlah sesuatu yang asing terdengar, karena teknologi menjadi solusi ampuh untuk berbagai permasalahan hidup manusia. Mulai dari anak-anak hingga mereka yang berusia lanjut sekalipun menggunakan gadget yang terkoneksi ke internet.

Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Kaiser Family Foundation menemukan bahwa anak-anak yang duduk di bangku sekolah menghabiskan sekitar 7 ½ jam per hari di depan televisi, komputer, smartphone atau gadget canggih lainnya dan angkanya semakin bertambah seiring dengan perkembangan zaman. Bahkan, anak berusia 2 tahun sanggup belajar membaca dengan sering melakukan browsing.

Gadget pun telah digunakan untuk bermacam kepentingan seperti kebutuhan edukasi, pencarian informasi, atau bahkan sekadar bersenang-senang melalui wadah media sosial.

Di samping banyak manfaat positif, seiring berjalannya waktu keberadaan gadget khususnya yang memanfaatkan internet sering kali disalahgunakan dan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak seharusnya. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan kontribusi dan partisipasi aktif yang sehat dari para penggunanya. Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi pengguna internet atau kerap kali disebut netizen yang baik dan pintar agar gadget yang kita gunakan selalu dapat bernilai positif:

a.  Nyalakan program filter pada mesin pencari situs atau sering disebut search engine yang digunakan. Untuk Google dan Yahoo!, klik tulisan preferensi yang ada di search engine Google atau Yahoo! lalu pastikan filter Safe-Search diaktifkan pada level tertinggi. Ini kuncinya jika kita membuka situs seperti Youtube, di mana sangat mungkin terpapar informasi yang tidak seharusnya.

b.Gunakan Web Filter berupa software seperti Surf Watch, Cyber Patrol, dan Cyber Safe, untuk mencegah terakses situs-situs yang kita rasa tidak sesuai untuk anak remaja.

c. Pertimbangkanlah untuk memasang software berupa Parental Control atau Microsoft Family Safety pada komputer kita. Software seperti ini bisa membatasi apa yang anak kita akan lihat atau katakan pada saat mengakses internet. Beberapa tipe dari software tersebut bisa membatasi akses pada website tertentu berdasarkan kata yang kita sensor. Namun ada beberapa tipe software lain yang bisa menjaga agar jangan sampai anak mengungkapkan atau memberikan informasi pribadi ke internet, sedangkan beberapa tipe lain bisa memantau website ataupun situs yang dikunjungi oleh anak Kita. Parental control tersebut biasanya telah ada bila Kita menggunakan Windows 7, Windows 8 ataupun Macintosh OS X. Software tersebut bisa menjadi sangat berguna khususnya untuk anak-anak yang masih kecil.

Referensi



Komentar

  1. Saya sangat setuju dengan pernyataan penulis, bahwa penggunaan gadged secara positif akan sangat bermanfaat bagi anak dalam memperoleh pengetahuan dan menambah wawasan, namun jika gadged disalahgunakan maka akan menyebabkan kehancuran dari segala aspek dari penggunanya, oleh karena itu perlu adanya pengontrol yang wajib untuk disematkan dalam gadget terutama jika penggunanya masih dalam usia pelajar atau masih dalam usia produktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai orang yang hidup di era modern saat ini, ketika jarak sudah tidak lagi menjadi hambatan, kita harus melek (update dan paham) terhadap teknologi. Oleh karena itu kita harus bisa mengontrol penggunaan gadget agar tidak menjadi sesuatu yang negatif, dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

      Hapus
  2. Pendapat saya dalam mengontrol penggunaan gadged disini sangat baik, akan tetapi apakah multimedia disini dapat langsung diartikan sebagai gadged? dan bagaimana kita mengatasi bahayanya penyalahgunaan teknologi pada usia remaja-dewasa, karena disini kita tidak membatasi usia dan tidak bisa mengawasi dengan baik terhadap penggunaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja multimedia tidak hanya sebatas gadget seperti macromedia flash, power point dan lain sebagainya. Namun, dalam artikel ini penulis hanya membatasi pada gadget saja, karena pada multimedia yang lain tanpa dikontrol resikonya tidak sebesar gadget.
      Nah, untuk pengawasan penggunaan teknologi dalam hal ini gadget salah satunya bisa dengan menggunakan Web Filter berupa software seperti Surf Watch, Cyber Patrol, dan Cyber Safe, untuk mencegah terakses situs-situs yang kita rasa tidak sesuai . Bisa juga dengan memasang software berupa Parental Control atau Microsoft Family Safety pada komputer kita.

      Hapus
  3. satu lagi software parental control yang sangat baik untuk membantu orang tua yaitu McAfee

    Berikut kelebihan aplikasi ini.
    - Dapat menyaring secara langsung, di browser android dan juga aplikasi yeng telah didaftarkan untuk di saring (dilarang penggunaannya)
    -Anda tidak perlu repot seting aplikasi di Ponsel
    -Aplikasi bisa terhubung dengan Ponsel lain Anda, untuk menyeting
    untu Anak bisa meminta izin secara Online kepada orang tua ketika ingin memakai aplikasi atau mengakses konten terlarang (tidak harus menghapus aplikasi)
    -bisa melacak riwayat penggunaan Ponsel Anak melalui Ponsel Anda
    -bisa melacak Ponsel ketika ponsel itu hilang

    aplikasi ini merangkap seluruh kerja pengaman yang di sampaikan penulis.
    saya juga ingin menanyakan, bagaimana jika gadget di gunakan dalam pembelajaran di sekolah ? akan kah pembelajaran menjadi lebih efisien ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih Riana atas tambahannya untuk melengkapi artikel ini. :)

      Sebenarnya teknologi dalam hal ini gadget akan menjadi sangat bermanfaat jika digunakan dengan bijak. Jadi, gadget bisa digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang efisien saat di sekolah, misalnya untuk penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Tergantung bagaimana arahan dan pengawasan dari gurunya.

      Hapus
  4. Saya ingin menambah contoh alat pengontrol pada multimedia sebagai berikut..aplikasi game..multimedia interaktif.menggabungkan dan mensinergikan semua media yg terdiri dari teks..grafik..audio..dll

    BalasHapus
  5. The Casino Hotel, Atlantic City | DrmCD
    The casino hotel, casino 오산 출장안마 and spa, located 강릉 출장마사지 in Atlantic City. The 하남 출장마사지 casino hotel is located on a 김천 출장마사지 waterfront, just 안양 출장샵 off the city edge of the marina.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Dasar Multimedia Pembelajaran

Menurut D eni H ardianto dalam jurnalnya yang berjudul Penerapan Prinsip Desain Multimedia untuk P embelajaran , u ntuk memperoleh multimedia yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dan memiliki kualitas tampilan yang baik maka desain pesan multimedia perlu dipadukan dengan prinsip-prinsip desain multimedia. Lebih lanjut Richard E. Mayer (2009) menyebutkan tujuh prinsip desain multimedia untuk dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan belajar siswa seperti kemampuan berpikir kritis dan kreatif . Prinsip-prinsip tersebut telah dibuktikan melalui penelitian oleh Richard E Mayer dengan menggunakan tes retensi (mengingat) dan tes transfer (memahami). 1.      Prinsip M ultimedia Siswa dapat belajar lebih baik jika teks disertai gambar daripada hanya sekedar kata-kata (teks) saja. Saat kata-kata dan gambar-gambar disajikan secara bersamaan, murid punya kesempatan untuk mengkonstruksi model-model mental verbal dan visual dan membangun hubungan antara present...

Tugas Terstruktur 1

Menurut cognitive theory of multimedia learning bahwa ada tiga asumsi utama yang dijadikan acuan dalam merancang suatu multimedia pembelajaran. Jelaskan ketiga asumsi tersebut dengan memberikan contoh masing-masing media yang relevan untuk pembelajaran matematika ! Jawaban: Cognitive Theory of Multimedia Learning (CTML) adalah teori pembelajaran yang dipopulerkan oleh Richard R. Mayer yang digunakan sebagai representasi mental dari gambar dan kata-kata . Dalam teori ini ada 3 asumsi utama yang dijadikan acuan dalam merancang suatu multimedia pembelajaran, yaitu: 1.         Asumsi Saluran Ganda (Dual Channel Assumption) Mayer beranggapan bahwa manusia memiliki saluran terpisah untuk memproses informasi visual (penglihatan) dan informasi auditori (pendengaran). Contoh multimedia yang relevan terhadap asumsi ini adalah multimedia video pembelajaran misalnya pada materi bangun ruang. Ketika animasi bangun ruang ditampilkan, ada narasi ten...

Tugas Terstruktur 2

Jelaskan bagaimana teori dual coding dapat diadaptasikan dalam menyiapkan suatu multimedia pembelajaran matematika ! Jawaban: Teori dual coding merupakan salah satu teori yang berakar pada psikologi kognitif yang dijadikan landasan dalam merancang multimedia pembelajaran. Allan Paivio (Paivio, 1971, 2006) merupakan pencetus teori dual coding, yang menyatakan bahwa informasi yang diterima seseorang diproses melalui salah satu dari dua  channel , yaitu  channel  verbal berupa kata (lisan) , dan channel  visual ( nonverbal image ) seperti diagram, gambar, dan animasi. Kedua  channel  ini dapat berfungsi baik secara independen, secara paralel, atau juga secara terpadu bersamaan (Sadoski, Paivio, Goetz, 1991). Kedua  channel  informasi tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.  Channel  verbal memroses informasi secara berurutan sedangkan  channel  nonverbal memroses informasi secara bersamaan (sinkron) atau p...