Pertanyaan:
Apa strategi/kelebihan kita sebagai guru untuk mengalahkan ICT dalam pembelajaran
matematika untuk dimensi institusional?
Indikator:
1) Interaksi
ICT dengan tugas dan teknik dalam budaya institusi sekolah
2) Peran
teknik yang diinstruksikan dalam konseptualisasi matematika
Jawaban:
1. Pendidik/guru dapat memberikan langkah-langkah pembelajaran
secara lebih detail dan terjadi komunikasi timbal balik secara langsung antara
guru dan siswa.
2. Guru tidak memerlukan alat bantu tertentu pada saat
pemberian tugas
3. Guru lebih memahami karakter dan kebutuhan siswanya dalam
memberikan tugas sehingga siswa akan lebih merasa nyaman dalam menerima setiap
penugasan yang diberikan oleg guru sedangkan ICT lebih bersifat kaku dalam
menugaskan siswa.
4. Guru dapat membawa siswa langsung untuk mengimplementasikan
konsep matematika yang sudah dipelajari sehingga pembelajaran siswa menjadi
lebih bermakna (learning by doing). Ex: mengukur tinggi tiang bendera dengan
memanfaatkan konsep teorema Phythagoras.
5. Guru dapat memberikan tugas dengan banyak variasi model
penugasan sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga penugasan lebih bersifat
variatif sedangkan jika penugasan melalui ICT kurang.
6. Guru tidak memerlukan sarana dan prasarana yang membutuhkan
anggaran dana yang besar seperti untuk penyediaan komputer/laptop, jaringan
komputer, internet dan peralatan multimedia lainnya, sedangkan jika menggunakan
ICT memerlukan teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga
sekolah.
7. Guru lebih kreatif dan fleksibel dibandingkan ICT dalam
teknik pembelajaran. Guru lebih memahami teknik apa yang tepat digunakan untuk
siswanya agar pembelajaran
dan pemberian tugas dapat
diaktualisasikan dengan benar.
Komentar
Posting Komentar